Langsung ke konten utama

Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING)

Dalam era digital yang serba cepat ini, istilah seperti artificial intelligence (AI), machine learning, dan deep learning semakin sering kita dengar. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pembelajaran dalam (deep learning)? Dan mengapa konsep ini menjadi begitu penting dalam perkembangan teknologi saat ini? Apa Itu Pembelajaran Dalam? Pembelajaran dalam atau deep learning adalah salah satu cabang dari machine learning (pembelajaran mesin), yang menggunakan struktur jaringan saraf tiruan (artificial neural networks) untuk meniru cara kerja otak manusia dalam memproses informasi. Pendekatan ini memungkinkan komputer untuk belajar langsung dari data dalam jumlah besar, tanpa perlu diberi instruksi secara eksplisit. Jika pembelajaran mesin ibarat mengajarkan komputer dengan rumus, maka pembelajaran dalam adalah mengajarkan komputer untuk belajar sendiri dari pengalaman, layaknya manusia yang belajar dari pengamatan dan pengalaman berulang. Bagaimana Cara Kerja Deep Learning? Deep learn...

RRP 1 Lembar Menurut Menteri Pendidikan RI Nadiem Anwar Makarim


Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Anwar Makarim yang dikeluarkan pada hari senin tanggal 10 Desember 2019 tentang RPP 1 Lembar.

Surat Edaran ini bertujuan untuk menyederhanakan administrasi guru. RPP 1 lembar memiliki format lebih efisien, efektif, dan berorientasi pada siswa.

RPP model lama yang disusun secara detail dirasakan terlalu rumit dan terlalu banyak menghabis waktu guru untuk mempersiapkannya.

Terbitnya surat ederan penyerderhanaan RPP 1 Lembar ini merupakan kabar gembira bagi guru seluruh indonesia.

Selama ini guru menyusun RPP dengan 13 komponen secara detail. Dengan demikian guru terlalu banyak menghabiskan kertas untuk membuat sebuah rancangan pelaksanaan pembelajaran.

Surat edaran bernomor 14 Tahun 2019 tentang RPP 1 Lembar Resmi Kemendikbud memuat empat poin yang terdiri atas:

  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid. 
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kelompok guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas dapat memilih, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mandiri untuk sebesar-besarnya bagi keberhasilan belajar murid.
  4. Adapun RPP yang telah dibuat guru dapat digunakan dan dapat pula disesuaikan sesuai poin 1, 2, dan 3.

3 Komponen Utama RPP 1 Lembar
  1. Tujuan Pembelajaran,
  2. Kegiatan Pembelajaran,
  3. Asesmen atau Penilaian.

Desain RPP 1 lembar jauh lebih sederhana dan dapat berlangsung secara efektif, sehingga guru lebih banyak memiliki waktu untuk menganalisa tingkat pemahaman siswa.


Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

LANGKAH-LANGKAH PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi  (IPK) yaitu : Penanda Pencapaian kompetensi diformulasikan bersumber dari Kompetensi Dasar. Memakai bahasa yang singkat, jelas, mudah dimengerti serta tidak bermakna ganda. Memakai kata kerja operasional( Taksonomi Bloom ataupun Anderson) yang dapat diukur. Hanya memiliki satu aksi sehingga pengukuran mudah serta jelas. Mencermati ciri mata pelajaran, kemampuan peserta didik, lingkungan sekolah ataupun luar sekolah. Fungsi Perumusan IPK   Peran IPK sangat strategis, oleh karenanya setiap guru wajib memahami dengan baik fungsi IPK. Perihal ini berarti supaya guru dapat merancang aktivitas pembelajaran dengan baik dan dapat terfokus pada tujuan dan indikator yang telah ditetapkan. Berikut ini beberapa fungsi perumusan IPK : Sebagai Panduan Mendesain Pembelajaran Pendidikan yang baik serta efisien bila memiliki dasar capaian peserta ...

DAMPAK COVID-19 _ UJIAN SEKOLAH (US) TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

S eiring dengan perkembangan zaman, Ujian Sekolah pada Tahun 2021 di tingkat Sekolah Dasar juga sudah diterapkan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).  Sebagai contoh di kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara rencana pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) pada tanggal 5 April 2021 nanti akan menggunakan Android . Hal ini disebabkan karena jumlah sarana pendukung seperti laptop milik sekolah belum memadai.   Dengan tetap mematuhi protokol Covid-19 hal-hal yang telah disiapkan antara lain : Daftar hadir berbasis online yaitu dengan menggunakan layanan Zohoform. Menyusun Soal USBK dengan memanfaatkan layanan Googleform. berikut ini kami sajikan  hasil latihan USBK di tingkat kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara . Daftar hadir berbasis online yaitu dengan menggunakan layanan Zohoform.

12 Perangkat Pembelajaran, Urutan Perangkat Pembelajaran serta Penjelasannya

Pengertian Perangkat Pembelajaran Perangkat ialah beberapa alat, media, bahan, atau petunjuk yang difungsikan dalam kegiatan pembelajaran agar tercapai tujuan tertentu sesuai yang diinginkan. Pembelajaran ialah kegiatan bekerja sama antara pendidik dengan peserta didik dengan menggunakan potensi yang berasal dari dalam diri peserta didik. Potensi peserta didik tersebut dapat berupa minat, bakat, dan kemampuan dasar yang mencakup gaya belajar . Ada juga potensi yang berasal dari luar diri peserta didik seperti lingkungan, sarana, dan sumber belajar. Hal ini dimaksudkan agar dapat mencapai suatu tujuan belajar tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ialah rangkaian suatu media ataupun sarana yang nantinya akan difungsikan serta disiapkan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar di kelas. Sedangkan pengembangan perangkat pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan dan menciptakan suatu perangkat pembel...