Model Pembelajaran Abad 21
Pembelajaran abad 21 secara sederhana dapat diartikan
sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik,
yaitu 4C antara lain:
Communication (komunikasi)
Pada karakter ini, peserta didik dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia. Peserta didik diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah yang diberikan oleh pendidik.
Collaboration (kolaborasi/kerjasama)
Pada karakter ini, peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam kerjasama berkelompok dan kepemimpinan; beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda. Peserta didik juga menjalankan tanggungjawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain
Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah)
Pada karakter ini, peserta didik berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal dalam memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem. Peserta didik juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, peserta didik juga memiliki kemampuan untuk menyusun, mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah.
Creative and Innovative (kreatif dan inovatif)
Pada karakter ini, peserta didik memiliki kemampuan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.
https://esawitri22.blogspot.com/2018/10/proses-pembelajaran-abad-21.html
Pendidikan abad 21 ini sangat penting bagi pendidikan di Indonesia saat ini, karena pendidikan diselenggarakan untuk memfasilitasi anak supaya mereka dapat hidup lebih baik dimasa yang akan datang, baik dari sisi sosial,budaya,ekonomi,maupun dari sisi lingkungan hidup.
Untuk mempersiapkan hal ini kita perlu cara, tehnik dan model yang jitu untuk menyikapinya. Guru dan para pendidik diharapkan mampu menggunakan model pembelajaran yang terbaik sesuai dengan kondisi anak, lingkungan belajar anak, dan daya dukung yang dimiliki anak.
Berikut ini kami sajikan link video model-model pembelajaran abad 21.
https://www.youtube.com/watch?v=dWIdDlPX-C4
https://www.youtube.com/watch?v=ZHm6a2t-4XY
https://www.youtube.com/watch?v=aQ_w71W3RrY
https://www.youtube.com/watch?v=gEGB1xnZ97A
https://www.youtube.com/watch?v=vTDQwhUfxPA
Baca Juga :
https://ainamulyana.blogspot.com/2017/03/pembelajaran-abad-21-dan-kuikulum-2013.html
Baca Juga :
https://www.tripven.com/pembelajaran-abad-21/