Langsung ke konten utama

Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING)

Dalam era digital yang serba cepat ini, istilah seperti artificial intelligence (AI), machine learning, dan deep learning semakin sering kita dengar. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pembelajaran dalam (deep learning)? Dan mengapa konsep ini menjadi begitu penting dalam perkembangan teknologi saat ini? Apa Itu Pembelajaran Dalam? Pembelajaran dalam atau deep learning adalah salah satu cabang dari machine learning (pembelajaran mesin), yang menggunakan struktur jaringan saraf tiruan (artificial neural networks) untuk meniru cara kerja otak manusia dalam memproses informasi. Pendekatan ini memungkinkan komputer untuk belajar langsung dari data dalam jumlah besar, tanpa perlu diberi instruksi secara eksplisit. Jika pembelajaran mesin ibarat mengajarkan komputer dengan rumus, maka pembelajaran dalam adalah mengajarkan komputer untuk belajar sendiri dari pengalaman, layaknya manusia yang belajar dari pengamatan dan pengalaman berulang. Bagaimana Cara Kerja Deep Learning? Deep learn...

Model Pembelajaran Abad 21

Model Pembelajaran Abad 21

Pembelajaran abad 21 secara sederhana dapat diartikan sebagai pembelajaran yang memberikan kecakapan abad 21 kepada peserta didik, yaitu 4C antara lain:


Communication (komunikasi)

Pada karakter ini, peserta didik dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia. Peserta didik diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah yang diberikan oleh pendidik.

Collaboration (kolaborasi/kerjasama)

Pada karakter ini, peserta didik menunjukkan kemampuannya dalam kerjasama berkelompok dan kepemimpinan; beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda. Peserta didik juga menjalankan tanggungjawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain

Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan pemecahan masalah)

Pada karakter ini, peserta didik berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal dalam memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem. Peserta didik juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, peserta didik juga memiliki kemampuan untuk menyusun, mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah.

Creative and Innovative (kreatif dan inovatif)

Pada karakter ini, peserta didik memiliki kemampuan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

https://esawitri22.blogspot.com/2018/10/proses-pembelajaran-abad-21.html



Pendidikan abad 21 ini sangat penting bagi pendidikan di Indonesia saat ini, karena pendidikan diselenggarakan untuk memfasilitasi anak supaya mereka dapat hidup lebih baik dimasa yang akan datang, baik dari sisi sosial,budaya,ekonomi,maupun dari sisi lingkungan hidup.

Untuk mempersiapkan hal ini kita perlu cara, tehnik dan model yang jitu untuk menyikapinya. Guru dan para pendidik diharapkan mampu menggunakan model pembelajaran yang terbaik sesuai dengan kondisi anak, lingkungan belajar anak, dan daya dukung yang dimiliki anak.

Berikut ini kami sajikan link video model-model pembelajaran abad 21.

https://www.youtube.com/watch?v=dWIdDlPX-C4


https://www.youtube.com/watch?v=ZHm6a2t-4XY


https://www.youtube.com/watch?v=aQ_w71W3RrY


https://www.youtube.com/watch?v=gEGB1xnZ97A


https://www.youtube.com/watch?v=vTDQwhUfxPA


Baca Juga : 

https://ainamulyana.blogspot.com/2017/03/pembelajaran-abad-21-dan-kuikulum-2013.html

Baca Juga : 

https://www.tripven.com/pembelajaran-abad-21/

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

LANGKAH-LANGKAH PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi  (IPK) yaitu : Penanda Pencapaian kompetensi diformulasikan bersumber dari Kompetensi Dasar. Memakai bahasa yang singkat, jelas, mudah dimengerti serta tidak bermakna ganda. Memakai kata kerja operasional( Taksonomi Bloom ataupun Anderson) yang dapat diukur. Hanya memiliki satu aksi sehingga pengukuran mudah serta jelas. Mencermati ciri mata pelajaran, kemampuan peserta didik, lingkungan sekolah ataupun luar sekolah. Fungsi Perumusan IPK   Peran IPK sangat strategis, oleh karenanya setiap guru wajib memahami dengan baik fungsi IPK. Perihal ini berarti supaya guru dapat merancang aktivitas pembelajaran dengan baik dan dapat terfokus pada tujuan dan indikator yang telah ditetapkan. Berikut ini beberapa fungsi perumusan IPK : Sebagai Panduan Mendesain Pembelajaran Pendidikan yang baik serta efisien bila memiliki dasar capaian peserta ...

DAMPAK COVID-19 _ UJIAN SEKOLAH (US) TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

S eiring dengan perkembangan zaman, Ujian Sekolah pada Tahun 2021 di tingkat Sekolah Dasar juga sudah diterapkan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).  Sebagai contoh di kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara rencana pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) pada tanggal 5 April 2021 nanti akan menggunakan Android . Hal ini disebabkan karena jumlah sarana pendukung seperti laptop milik sekolah belum memadai.   Dengan tetap mematuhi protokol Covid-19 hal-hal yang telah disiapkan antara lain : Daftar hadir berbasis online yaitu dengan menggunakan layanan Zohoform. Menyusun Soal USBK dengan memanfaatkan layanan Googleform. berikut ini kami sajikan  hasil latihan USBK di tingkat kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara . Daftar hadir berbasis online yaitu dengan menggunakan layanan Zohoform.

12 Perangkat Pembelajaran, Urutan Perangkat Pembelajaran serta Penjelasannya

Pengertian Perangkat Pembelajaran Perangkat ialah beberapa alat, media, bahan, atau petunjuk yang difungsikan dalam kegiatan pembelajaran agar tercapai tujuan tertentu sesuai yang diinginkan. Pembelajaran ialah kegiatan bekerja sama antara pendidik dengan peserta didik dengan menggunakan potensi yang berasal dari dalam diri peserta didik. Potensi peserta didik tersebut dapat berupa minat, bakat, dan kemampuan dasar yang mencakup gaya belajar . Ada juga potensi yang berasal dari luar diri peserta didik seperti lingkungan, sarana, dan sumber belajar. Hal ini dimaksudkan agar dapat mencapai suatu tujuan belajar tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ialah rangkaian suatu media ataupun sarana yang nantinya akan difungsikan serta disiapkan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar di kelas. Sedangkan pengembangan perangkat pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan dan menciptakan suatu perangkat pembel...