Langsung ke konten utama

Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)

PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING)

Dalam era digital yang serba cepat ini, istilah seperti artificial intelligence (AI), machine learning, dan deep learning semakin sering kita dengar. Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan pembelajaran dalam (deep learning)? Dan mengapa konsep ini menjadi begitu penting dalam perkembangan teknologi saat ini? Apa Itu Pembelajaran Dalam? Pembelajaran dalam atau deep learning adalah salah satu cabang dari machine learning (pembelajaran mesin), yang menggunakan struktur jaringan saraf tiruan (artificial neural networks) untuk meniru cara kerja otak manusia dalam memproses informasi. Pendekatan ini memungkinkan komputer untuk belajar langsung dari data dalam jumlah besar, tanpa perlu diberi instruksi secara eksplisit. Jika pembelajaran mesin ibarat mengajarkan komputer dengan rumus, maka pembelajaran dalam adalah mengajarkan komputer untuk belajar sendiri dari pengalaman, layaknya manusia yang belajar dari pengamatan dan pengalaman berulang. Bagaimana Cara Kerja Deep Learning? Deep learn...

MANFAAT LATIHAN SOAL BAGI PESERTA DIDIK

MANFAAT LATIHAN SOAL BAGI PESERTA DIDIK

 


TERBIASA DENGAN SUASANA UJIAN

Pada saat ujian, biasanya peserta didik merasakan suasana yang menegangkan, dan penuh tekanan. Apabila tidak terbiasa, peserta didik akan kehilangan fokus dan terganggu saat mengerjakan soal ujian. membiasakan diri mengerjakan latihan soal  menjelang ujian akan membantu peserta didik terbiasa dengan suasana tersebut. ada beberapa tips ketika ingin mengerjakan latihan soal, yaitu  memasang waktu (timer), serta memilih ruang belajar yang tenang dan hening. Cara tersebut dapat membantu peserta didik mengurangi rasa stres dengan suasana ujian.

MEMAHAMI POLA PERTANYAAN YANG AKAN DIUJIKAN

Hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang peserta didik yaitu mencoba memahami pola pertanyaan yang akan muncul. Terkadang soal-soal yang diujikan tidak jauh berbeda polanya dengan soal ujian di tahun-tahun sebelumnya. Dengan mengerjakan latihan soal secara rutin sebelum ujian dapat membantu peserta didik memahami berbagai macam pola pertanyaan. Sehingga dalam mengerjakan soal menjadi terasa lebih mudah.

MENGETAHUI SEJAUH MANA PENGUASAAN TERHADAP MATERI 

Dengan latihan soal akan membantu peserta didik mengetahui materi apa saja yang belum dikuasai. Jika saat mengerjakan latihan soal masih banyak materi yang belum dikuasai maka peserta didik harus belajar dengan giat lagi. Bagi peserta didik yang sudah menguasai dalam hal mengerjakan latihan soal maka dapat mengatur strategi untuk mengatur waktu pengerjaan soal.

MELATIH MANAJEMEN WAKTU

Soal-soal ujian bentuknya bervariasi, ada yang singkat dan ada pula yang pertanyaannya panjang serta soal hitungan. Jika peserta didik sudah memahami pola soalnya, maka peserta didik dapat memperhitungkan waktu untuk mengerjakan soal tersebut. Misalnya, dapat menghemat waktu pada soal ujian yang singkat sehingga sisa waktu lebihnya dapat dialokasikan untuk soal yang pertanyaannya panjang dan memerlukan hitung-hitungan. Semakin sering  berlatih mengerjakan soal, semakin banyak kesempatan untuk melatih manajemen waktu pengerjaan soal.

Dari beberapa manfaat latihan soal di atas, penulis berupaya menyajikan link video pembelajaran Sekolah Dasar (SD), dalam hal ini adalah latihan soal Muatan Bahasa Indonesia Kelas 6 SD.

https://youtu.be/mmbhX9vqRP8

https://youtu.be/9TwPj2uuDso

https://youtu.be/ZJHDOtBC9W8

https://youtu.be/MEtzwcH6tCE

Baca Juga : http://www.inssfa.org/manfaat-yang-kamu-dapatkan-dari-latihan-soal/

Semoga Bermanfaat .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LANGKAH-LANGKAH PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

LANGKAH-LANGKAH PERUMUSAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan indikator pencapaian kompetensi  (IPK) yaitu : Penanda Pencapaian kompetensi diformulasikan bersumber dari Kompetensi Dasar. Memakai bahasa yang singkat, jelas, mudah dimengerti serta tidak bermakna ganda. Memakai kata kerja operasional( Taksonomi Bloom ataupun Anderson) yang dapat diukur. Hanya memiliki satu aksi sehingga pengukuran mudah serta jelas. Mencermati ciri mata pelajaran, kemampuan peserta didik, lingkungan sekolah ataupun luar sekolah. Fungsi Perumusan IPK   Peran IPK sangat strategis, oleh karenanya setiap guru wajib memahami dengan baik fungsi IPK. Perihal ini berarti supaya guru dapat merancang aktivitas pembelajaran dengan baik dan dapat terfokus pada tujuan dan indikator yang telah ditetapkan. Berikut ini beberapa fungsi perumusan IPK : Sebagai Panduan Mendesain Pembelajaran Pendidikan yang baik serta efisien bila memiliki dasar capaian peserta ...

DAMPAK COVID-19 _ UJIAN SEKOLAH (US) TINGKAT SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID

S eiring dengan perkembangan zaman, Ujian Sekolah pada Tahun 2021 di tingkat Sekolah Dasar juga sudah diterapkan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).  Sebagai contoh di kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara rencana pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) pada tanggal 5 April 2021 nanti akan menggunakan Android . Hal ini disebabkan karena jumlah sarana pendukung seperti laptop milik sekolah belum memadai.   Dengan tetap mematuhi protokol Covid-19 hal-hal yang telah disiapkan antara lain : Daftar hadir berbasis online yaitu dengan menggunakan layanan Zohoform. Menyusun Soal USBK dengan memanfaatkan layanan Googleform. berikut ini kami sajikan  hasil latihan USBK di tingkat kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara . Daftar hadir berbasis online yaitu dengan menggunakan layanan Zohoform.

12 Perangkat Pembelajaran, Urutan Perangkat Pembelajaran serta Penjelasannya

Pengertian Perangkat Pembelajaran Perangkat ialah beberapa alat, media, bahan, atau petunjuk yang difungsikan dalam kegiatan pembelajaran agar tercapai tujuan tertentu sesuai yang diinginkan. Pembelajaran ialah kegiatan bekerja sama antara pendidik dengan peserta didik dengan menggunakan potensi yang berasal dari dalam diri peserta didik. Potensi peserta didik tersebut dapat berupa minat, bakat, dan kemampuan dasar yang mencakup gaya belajar . Ada juga potensi yang berasal dari luar diri peserta didik seperti lingkungan, sarana, dan sumber belajar. Hal ini dimaksudkan agar dapat mencapai suatu tujuan belajar tertentu. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ialah rangkaian suatu media ataupun sarana yang nantinya akan difungsikan serta disiapkan oleh pendidik dan peserta didik dalam kegiatan belajar di kelas. Sedangkan pengembangan perangkat pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan dan menciptakan suatu perangkat pembel...