Bentuk-bentuk Evaluasi Pembelajaran
Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah salah satu
bentuk evaluasi yang dilakukan oleh satuan pendidikan dengan tujuan untuk
mengetahui daya serap peserta didik pada semua kompetensi dasar yang telah
dipelajari selama enam bulan (satu semester).
Penilaian Akhir Semester ini jika direlevasikan
dengan Taksonomi Bloom maka PAS berada pada ranah kogintif. Dimana ranah
kognitif meliputi beberapa tingkatan yaitu :
C1
(Pengetahuan/Knowledge)
Pada jenjang ini menekankan pada kemampuan dalam
mengingat kembali materi yang telah dipelajari, seperti pengetahuan
tentang istilah, fakta khusus, konvensi, kecenderungan dan urutan,
klasifikasi dan kategori, kriteria serta metodologi. Tingkatan atau jenjang ini
merupakantingkatan terendah namun menjadi prasyarat bagi tingkatan selanjutnya.
Di jenjang ini, pesertadidik menjawab pertanyaan berdasarkan dengan hapalan
saja.Kata kerja operasional yang dapat dipakai dalam jenjang ini adalah :
mengutip, menyebutkan,menjelaskan, menggambarkan, membilang, mengidentifikasi,
mendaftar, menunjukkan, memberilabel, memberi indeks, memasangkan, menamai,
menandai, membaca, menyadari, menghafal,meniru, mencatat, mengulang,
mereproduksi, meninjau, memilih, menyatakan, mempelajari,mentabulasi, memberi
kode, menelusuri, dam menulis.
C2
(Pemahaman/Comprehension)
Pada jenjang ini, pemahaman diartikan sebagai
kemampuan dalam memahami materi tertentu yang dipelajari.
Kemampuan-kemampuan tersebut yaitu :
- Translasi (kemampuan
mengubah simbol dari satu bentuk ke bentuk lain)
- Interpretasi (kemampuan
menjelaskan materi)
- Ekstrapolasi (kemampuan
memperluas arti).
Di jenjang ini, peserta didik menjawab pertanyaan
dengan kata-katanya sendiri dan dengan memberikan contoh baik prinsip
maupun konsep.Kata kerja operasional yang dapat dipakai dalam jenjang ini
adalah : memperkirakan,menjelaskan, mengkategorikan, mencirikan, merinci,
mengasosiasikan, membandingkan,menghitung, mengkontraskan, mengubah,
mempertahankan, menguraikan, menjalin,membedakan, mendiskusikan, menggali,
mencontohkan, menerangkan, mengemukakan,mempolakan, memperluas, menyimpulkan,
meramalkan, merangkum, dan menjabarkan.
C3
(Penerapan/Application)
Pada jenjang ini, aplikasi diartikan sebagai
kemampuan menerapkan informasi pada situasi nyata, dimana peserta didik
mampu menerapkan pemahamannya dengan cara menggunakannya secara nyata. Di
jenjang ini, peserta didik dituntut untuk dapat menerapkan konsep dan
prinsip yang ia miliki pada situasi baru yang belum pernah diberikan
sebelumnya. Kata kerja operasional yang dapat dipakai dalam jenjang ini
adalah : menugaskan, mengurutkan, menentukan, menerapakan, menyesuaikan,
mengkalkulasi, memodifikasi, mengklasifikasi, menghitung, membangun,
membiasakan, mencegah, menggunakan, menilai, melatih, menggali,mengemukakan, mengadaptasi,menyelidiki,mengoperasikan,
mempersoalkan, mengkonsepkan,melaksanakan, meramalkan, memproduksi, memproses,
mengaitkan, menyusun,mensimulasikan, memecahkan, melakukan, dan
mentabulasi.Pada jenjang ini,dapat dikatakan bahwa analisis adalah kemampuan
menguraikan suatu materi menjadi komponen-komponen yang lebih jelas.
Kemampuan ini dapat berupa :
- Analisis elemen/unsur
(analisis bagian-bagian materi)
- Analisis hubungan (
identifikasi hubungan)
- Analisis pengorganisasian
prinsip/prinsip-prinsip organisasi (identifikasi organisasi)
Di jenjang ini, peserta didik diminta untuk
menguraikan informasi ke dalam beberapa bagian menemukan asumsi, dan
membedakan pendapat dan fakta serta menemukan hubungan sebab akibat.Kata
kerja operasional yang dapat dipakai dalam jenjang ini adalah : menganalisis,
mengaudit, memecahkan, menegaskan, mendeteksi, mendiagnosis, menyeleksi,
memerinci, menominasikan, mendiagramkan, mengkorelasikan, merasionalkan,
menguji, mencerahkan, menjelajah,membagankan, menyimpulkan, menemukan,
menelaah, memaksimalkan, memerintahkan, mengedit, mengaitkan, memilih,
mengukur, melatih, dan mentransfer.
C5
(Sintesis/Synthesis)
Pada jenjang ini, sintesis dimaknai sebagai
kemampuan memproduksi dan mengkombinasikan elemen-elemen untuk membentuk
sebuah struktur yang unik. Kemampuan ini dapat berupa memproduksi
komunikasi yang unik, rencana atau kegiatan yang utuh, dan
seperangkat hubungan abstrak. Di jenjang ini, peserta didik dituntut
menghasilkan hipotesis atau teorinya sendiri dengan memadukan berbagai
ilmu dan pengetahuan.Kata kerja operasional yang dapat dipakai dalam jenjang
ini adalah :mengabstraksi, mengatur,menganimasi, mengumpulkan, mengkategorikan,
mengkode, mengkombinasikan, menyusun,mengarang, membangun, menanggulangi,
menghubungkan, menciptakan, mengkreasikan,mengoreksi, merancang, merencanakan,
mendikte, meningkatkan, memperjelas, memfasilitasi,membentuk, merumuskan,
menggeneralisasi, menggabungkan, memadukan, membatas,mereparasi, menampilkan,
menyiapkan, memproduksi, merangkum, dan merekonstruksi.
C6 (Evaluasi/Evaluation)
Pada
jenjang ini, evaluasi diartikan sebagai kemampuan menilai manfaat suatu hal
untuk tujuan tertentu berdasarkan kriteria yang jelas. Kegiatan ini
berkenaan dengan nilai suatu ide, kreasi, cara atau metode. Pada jenjang
ini seseorang dipandu untuk mendapatkan pengetahuan baru, pemahaman yang
lebih baik, penerapan baru serta cara baru yang unik dalam analisis
dan sintesis. Menurut Bloom paling tidak ada 2 jenis evaluasi yaitu :
- Evaluasi berdasarkan bukti
internal
- Evaluasi berdasarkan bukti
eksternal
Di jenjang ini, peserta didik mengevaluasi
informasi termasuk di dalamnya melakukan pembuatan keputusan dan
kebijakan.Kata kerja operasional yang dapat dipakai dalam jenjang ini adalah :
membandingkan,menyimpulkan, menilai, mengarahkan, mengkritik, menimbang,
memutuskan, memisahkan,memprediksi, memperjelas, menugaskan, menafsirkan,
mempertahankan, memerinci, mengukur,merangkum, membuktikan, memvalidasi,
mengetes, mendukung, memilih, danmemproyeksikan.
Selanjutnya
dari setiap tingkatan di atas dikelompokkan lagi menjadi dua yaitu LOTS
dan HOTS.
Baca Juga
:
http://p3ai.polsri.ac.id/admin/assets/files/7325Taksonomi%20Bloom.pdf
Berikut
ini kami tampilkan contoh soal PAS disertai kunci jawaban dalam bentuk video.
https://www.youtube.com/watch?v=ZJHDOtBC9W8&t=107s
https://www.youtube.com/watch?v=mmbhX9vqRP8&t=154s
https://www.youtube.com/watch?v=9TwPj2uuDso&t=4s
Komentar
Posting Komentar