TPACK DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21
Technological Pedagocal Content Knowledge disingkat TPACK adalah pengetahuan yang diperlukan untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Kerangka pengetahuan ini berasal dari konstruk Shulman (1986) tentang Pedagogical Content Knowledge (PCK).
Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan pengetahuan tentang bagaimana memfasilitasi pembelajaran peserta didik dari konten tertentu melalui pendekatan pedagogik dan teknologi
TPACK ialah pusat pembelajaran yang terdiri dari tiga komponen yaitu: pengetahuan teknologi (TK), pengetahuan pedagogis (PK) dan pengetahuan konten (CK) (Koehler et al., 2013).
Pendekatan pembelajaran yang sangat relevan di masa pembelajaran daring saat ini adalah TPACK. Hal ini, karena pendekatan TPACK memadukan aspek pengetahuan (Knowledge(K)), cara membelajarkan (Pedagogy(P)), penguasaan materi pembelajaran sesuai bidang (Content©) dengan TIK (Technology(T)).
TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan sistem pendidikan yang mengedepankan teknologi dan aplikasi (konten) tertentu dalam Pembelajaran.
Tecnological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), merupakan suatu hal yang dibutuhkan guru dalam memanfaatkan teknologi secara tepat yang dintegrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar di berbagai konten materi, dan mengajarkan materi menggunakan teknologi dan metode pedagogi yang relevan.
Dalam pembelajaran abad 21 menuntut karakteristik siswa yang memiliki keterampilan belajar dan inovasi, yaitu yang terkait dengan kemampuan siswa berpikir kritis. Kemampuan ini menuntut kebebasan berpikir dalam suatu proses pembelajaran. Dalam era perkembangan pendidikan saat ini, siswa harus memiliki karakter kreatif dan inovatif.
Baca juga :
https://p4tkipa.kemdikbud.go.id/blog/index.php/2018/06/28/tpack-framework/
http://simakip.uhamka.ac.id/download?type=penelitianlaporan&id=724&nomor=1
Contoh Video TPACK:
Komentar
Posting Komentar